HTML VS HTML5? Apa sih perbedaannya

<div style='background-color: none transparent;'></div>
Halo sobat, Sebagai blogger pastinya kita selalu ngikutin donk perkembangan jaman terutama masalah code yang bisa mempercantik website atau blog kita. Sebagai contoh HTML5. HTML5 adalah sebuah trobosan baru yang di kembangkan oleh W3C. Sebelumnya HTML4 sukses terbukti dapat meringkas style-style yang bisa langsung di embed pada tag HTML.

Pada HTML5 ini ada sedikit perbedaan, kabarnya HTML5 ini lebih cenderung dipakai untuk multimedia interaktif, seperti embedding video, music, dan bahkan kita bisa buat game sederhana sampai yang kompleks dengan HTML5

Apa saja sih yang ditawarkan W3C dengan HTML5nya:

1. Fitur Embed Video Directly.

Biasanya kita sering menggunakan iframe pada tag HTML untuk mengembed video, sekarang anda udah gak usah lagi embed dengan iframe yang notabene membuat situs/blog anda lama banget buat di aksesnya. Fitur ini sering disebut canvas.

2.  Templating Embeded

Pada HTML sebelumnya, untuk membuat sebuah website. Kita harus kenal yang namanya CSS. Sekarang anda bisa langsung membuat template website secara otomatis dengan HTML5. Contohnya: <header> jika anda ingin membuat header, <aside>untuk sidebar, <footer> untuk footer. dan masih banyak lagi.

3. Web worker.

Pastinya anda sering kan gunain javascript, ketika multitrheading script yang kita buat terlalu banyak. Pastinya web kita lambat banget tuh buat di akses. Web worker ini bisa menjadi penawar web yang menggunakan banyak javascript karena kabarnya bisa mempercepat tampilan website anda walaupun javascript yang terimplant pada website anda banyak.

4. Semantic

Pastinya HTML5 mengimplementasikan semantic terbarunya donk. Intinya sih supaya anda tidak salah dalam menggunakan tag div atau span. Karena masih banyak yang keliru hingga sekarang. Semantic di HTML5 bisa memperbaiki semuanya. seperti pada pembuatan menu. Kita bisa menggunakan nav untuk membuat navigasi yang sempurna.

5. Local storage.

Tau gak yang namanya chace, chace disini sering banget di optimisasi oleh webmaster terutama bagi webnya yang berat. Biasanya sih sering di aktivkan tuh chace untuk web mereka jadi ketika anda mengakses situs mereka, anda tidak mendownload web mereka secara keseluruhan melainkan hanya updatenya saja. Cuma chace juga mempunyai batasan. Hanya sedikit yang bisa di tampung dalam chace sehingga ketika web tersebut memang total sizenya banyak pasti banyak yang ilang. HTML5 sudah bisa menyimpan banyak bahkan videopun bisa lho.


Bagi sobat yang mau coba HTML5, sobat harus cek dulu browser sobat, sudah support belum. Klo belum saran saya sih download dulu. sekian dulu ya, saya mau nerusin projek server lagi, lagi ngebut projek nih.

source: http://thehottestelf.wordpress.com

11 komentar:

worrdzz mengatakan...

ouwwww

Surya☼Chandra☼Gobel mengatakan...

owh begitu, makasih infonya nih ! ☺

zyi share mengatakan...

Implementasinya hanya di codingnya itu y gan ??

Amri mengatakan...

Terimakasih Gan, Penjelasannya sangat mencerahkan.

Haditama mengatakan...

Ditunggu ya gan, postingan selanjutnya.

Soni Setiawan mengatakan...

Gan, Diposting juga dong coding nya.

Poker Online mengatakan...

Thanks info nya gan..... Boleh di coba nih gan....;)

Agen Poker Terbaik mengatakan...

nice info nya gan bosku..... thanks yah bosku...

Agen Poker online mengatakan...

nice info nya gan... thanks yah gan....;)

agen poker mengatakan...

nice info nya gan, thanks yah gan...

agen poker mengatakan...

nice info nya gan, thanks yah gan...;)

Posting Komentar

Kirimkan komentar yang berbobot untuk membangun kredibilitas anda, Komentar dengan link sampah/spam akan saya hapus.